Monday, March 7, 2016

Geletar Selendang Ledhek Pesisir - Karya Bung Jupri

Terbit Afsoh Publisher
vi + 365 Halaman
ISBN : 978-602-1522-28-8
Rp 55.000,-
Pemesanan ke Rekening Bank Mandiri : ILYAS AFSOH 900.000.884.4947
www.afsohpublisher.blogspot.com
0896-1065-9643 [Tri]

 
Sinopsis :
Masih jarang ada novel yang mengangkat tema tradisional serta budaya lokal berlatar daerah pinggiran. Bung Jupri (yang sejak kecil hingga masa tuanya berada di pelosok) kali ini mencoba mengangkat tema tersebut di atas ke dalam novel perdananya yang berjudul ’Geletar Selendang Ledhek Pesisir’. Novel ini akan bercerita cukup detail tentang kehidupan ledhek tayub atau joged, yaitu penari perempuan pada seni tradisional tayuban. Ada yang khas pada tokoh yang diceritakan, karena ledhek tayubnya (tokoh utama) adalah gadis blesteran, yaitu gadis peranakan antara ibu-Jawa dan bapak-Bule Eropa). Tentu saja hal ini akan membawa konsekuensi-logis di dunia ledhek tayub yang memang sangat unik dan menggemaskan.

Dalam novel tersebut juga dipadukan dengan kehidupan petani garam rakyat yang selalu terpinggirkan oleh oknum-oknum pelaku dunia perniagaan garam rakyat di sepanjang pesisir utara Jawa Tengah. Dibumbui dengan cinta-asmara model orang-orang pinggiran yang seru dan kadang-kadang lucu. Juga tak ketinggalan disisipi tentang realita kenakalan remaja yang sudah marak di mana-mana, tak hanya di kota-kota tetapi juga sudah merambah di pelosok-pelosok desa.

Gaya bercerita Bung Jupri dalam novel ini juga terasa unik, penuh dengan deskripsi tentang suasana yang indah dan realistis, serta dialog antar tokoh yang lugas apa adanya ala kampung pinggiran. Novel yang cukup tebal ini (Lebih dari 360 halaman) kiranya cocok dibaca oleh segenap pecinta novel humanis di mana pun di bumi Nusantara yang masih tetap mendambakan pelestarian budaya dan seni tradisional.

Afsoh Publisher
0896-1065-9643 [Tri]

No comments:

Post a Comment